3 cara simpel mengatasi flasdisk rusak terbaca dan tidak bisa dibuka


Hi sobat, dijaman sekarang ini siapa sih yang ga kenal dengan barang kecil yang multiguna itu, ya.. flasdisk sangat multiguna selain untuk menyimpan data penting atau ga penting, flasdisk juga sekarang sudah mengalahkan kaset CD, Mp3 player dan lain sebagainya. saking banyaknya kebutuhan dan peminatnya, sehingga penjualan alat ini laris manis dan harganya juga tergolong murah.

Dari pada panjang lebar cerita tentang alat kecil yang namanya flasdisk ini mending langsung ketujuan membuat artikel ini yuk. Ada 3 cara mengatasi flasdisk rusak terbaca dan tidak bisa dibuka, maksudnya adalah flasdisk yang kita colokin ke PC atau ke laptop itu masih bisa dibaca namun ketika dibuka muncul notif minta format seperti gambar dibawah ini.
Pasti kesel banget kan kalau menemukan hal seperti itu, namun berita baiknya adalah masalah flashdisk terbaca tapi tidak bisa dibuka itu dapat diselesaikan dengan mudah dan simpel tetapi berita buruknya adalah data yang ada di flashdisk tersebut tidak bisa diselematkan alias hilang. Dari pada kita pusing dengan data penting yang hilang gara gara flashdisk rusak, maka dari itu selalu backup data atau pindahkan ke komputer atau cloud seperti google drive, dropbox dan masih banyak lagi tempat penyimpanan data data penting anda yang aman dan terjamin kerahasiaanya. Dilihat dari fungsi utamanya pun flashdisk itu hanyalah tempat penyimpanan file sementara atau untuk memindahkan data dari tempat satu ke tempat yang lainnya jadi jika flashdisk rusak dan data kita hilang maka itu adalah kesalahan kita yang terlalu ceroboh.


#1 Format

Cara pertama yaitu mengikuti perintah yang muncul ketika flashdisk dicolok ke CPU atau perintah yang muncul ketika flashdisk dibuka, hal yang paling umum muncul adalah perintah format, silahkan anda klik Format Disk kemudian akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.
Silahkan di klik Start tunggu hingga proses selesai. jika berhasil maka flashdisk anda sudah bisa digunakankan lagi, namun jika flashdisk tetap tidak bisa di buka dan minta di format lagi maka anda harus meninggalkan cara ini dan lanjut ke cara ke 2

#2 Cmd

Apa itu CMD? cmd singkatan dari Command Prompt yang dapat diartikan sebagai baris perintah penerjemah. jadi dengan cmd kita bisa masuk ke sistem windows atau direktory yang bisa kita tentukan sendiri. lalu bagaimana caranya memperbaiki flashdisk yang rusak menggunakan cmd?

Pertama ketikan cmd pada pencarian sebelah start windows kemudian tekan enter. setelah muncul kotak hitam cmd maka ketikan "F:" jika flashdisk berada pada direktory F atau ketikan sesuai dengan posisi flashdisk kita. jika di D maka tinggal ketik D diakhiri dengan titik dua.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah kita hanya tinggal ketik "attrib -s -h -r /s /d" tanpa tanda kutip ya lalu tekan enter dan FINIS, cara ini dapat kita terapkan ketika kita tidak ingin data data dalam flashdisk kita hilang, lebih bijak dari pada cara yang pertama.

Sekarang coba kita buka lagi flashdisk yang rusak tadi, jika masih ada notif flashdis harus di format maka jalan terakhir adalah lanjut ke cara ke 3

#3 New volume

Cara ini juga sangat simpel diterapkan namun kita harus kehilangan data data kita yang ada pada flashdisk itu. oke langsung aja buka computer management. Caranya ketik dipencarian windows sebelah start menu lalu muncul form seperti gambar dibawah ini.
Kemudian pilih Disk Management pada menu sebelah kiri, setelah itu akan muncul volume hardisk dan flashdisk kita. Pada Disk 0 adalah volume HDD yang sudah terpastisi seperti system C: , D: dan sebagainya tergantung partisi HDD kita kemudian pada Disk 1 adalah direktory flashdisk kita, biasanya pada direktory F:

Pilih Disk 1 kemudian klik kanan dan pilih delete volume, selanjutnya jika sudah terdelete silahkan di klik kanan lagi maka akan muncul pilihan new volume. Silahkan klik new volume dan selesai, biarkan ketika memilih new volume secara defaul, biasanya akan muncul volume maksimal sesuai dengan kapasitas flashdisk kita. selamat flashdisk anda kembali seperti baru lagi.

Demikian 3 cara simpel mengatasi flasdisk rusak terbaca dan tidak bisa dibuka, selalu ikuti simpelsaja.com untuk mengetahui cara cara yang lebih simpel lagi dalam masalah anda.

Baca Juga :

Cari uang yuk dengan smartphone, apa saja langkah2 nya? (Tips mencari uang)

0 Komentar 3 cara simpel mengatasi flasdisk rusak terbaca dan tidak bisa dibuka

Post a Comment

Back To Top